Minum Soda dan Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran

Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran
Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran
Ada mitos bahwa minum soda dan makan nanas selama kehamilan dapat menyebabkan seorang wanita mengalami keguguran. Mitos ini cukup dipercaya untuk memastikan bahwa banyak wanita hamil menghindari mengkonsumsi keduanya. Bahkan, ada orang yang sengaja ingin menggugurkan perutnya dengan mengonsumsi keduanya. Jadi, apa kebenaran medisnya?

Bisakah Anda minum soda dan makan nanas selama kehamilan ?

Bahkan, nanas dan soda juga aman selama kehamilan. Namun, yang perlu diperhitungkan sebenarnya adalah bagiannya. Selama mereka tidak berlebihan, nanas dan soda masih bisa dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping bagi ibu dan janin. Masalah baru akan muncul jika ibu mengonsumsi terlalu banyak.

Nanas mengandung senyawa yang disebut bromelain. Bromelain adalah enzim yang bekerja dengan memecah protein dalam tubuh. Karena janin yang baru dikembangkan mengandung sel protein sederhana, diperkirakan bahwa kandungan bromelain dari nanas menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Hipotesis ini tidak sepenuhnya salah. Memang, tablet bromelain tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan karena mereka dapat menurunkan protein tubuh dan menyebabkan perdarahan.

Baca : Jenis Makanan Yang Menyebabkan Keguguran

Namun, perlu dicatat bahwa satu hingga dua porsi nanas per minggu tidak akan memiliki efek negatif pada kehamilan Anda. Kecuali Anda mengonsumsi 7 hingga 10 nanas segar dalam satu waktu.

Jadi, bahkan dengan soda, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa soda dapat menyebabkan keguguran. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda bebas mengonsumsi minuman bersoda seperti yang Anda inginkan selama kehamilan. Soda mengandung pemanis buatan seperti aspartam yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Selain itu, soda ash juga mengandung berbagai zat yang dapat memiliki efek berbahaya pada janin, seperti kafein, asam karbonat dan zat tambahan lainnya.

David Elmer, dokter kandungan di Nantucket Cottage Hospital di Massachusetts, AS, dapat menyebabkan cacat lahir. Namun, ini hanya terjadi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, Elmer menyatakan bahwa Anda masih dapat minum soda dari waktu ke waktu karena ini tidak akan berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dengan cara ini, dapat disimpulkan bahwa minum soda dan makan nanas selama kehamilan tidak menyebabkan keguguran. Apalagi jika Anda memakannya sesekali dan dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Panduan untuk minum soda dan makan nanas selama kehamilan

Nanas mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Tubuh membutuhkan semua zat ini untuk memastikan kesehatan ibu dan janin. Karena itu, jangan takut mengonsumsi nanas selama hamil, asalkan tidak berlebihan.

Untuk menghindari kemungkinan dampak, batasi jumlah nanas yang dikonsumsi selama kuartal pertama. Meskipun tidak berbahaya, yang terbaik adalah mencegahnya dengan tidak mengkonsumsinya sama sekali selama trimester pertama.

Selain itu, selama trimester kedua, Anda dapat mulai mengonsumsi hingga 50 hingga 100 gram dua hingga tiga kali seminggu. Pada kuartal ketiga, Anda bisa makan 250 gram nanas sekaligus, tetapi tidak terlalu banyak. Batasi porsi karena dapat memicu kontraksi uterus.

Untuk soda, Anda tidak boleh minum lebih dari satu kaleng sehari. American College of Obstetricians dan Gynecologists merekomendasikan agar wanita hamil tidak minum lebih dari 200 mg kafein per hari. Semakin sedikit kafein yang dikonsumsi, semakin baik untuk kesehatan ibu dan janin.

0 komentar