Obat cepat haid alami tidak teratur di apotik

Obat cepat haid
Obat cepat haid
Obat cepat haid alami - Nyeri saat menstruasi adalah kondisi yang sering dirasakan oleh wanita. Keluhan ini sering mencegah wanita dari bergerak dengan nyaman. Untuk mencegah nyeri haid, coba gunakan obat alami untuk nyeri haid di bawah ini.

Secara umum, nyeri haid terjadi ketika lapisan otot rahim bergerak dan menekan pembuluh darah di sekitarnya. Ini mencegah suplai oksigen ke rahim. Tanpa oksigen, tubuh melepaskan zat kimia pemicu rasa sakit dan memproduksi prostaglandin. Prostaglandin ini menyebabkan otot-otot rahim terus berkontraksi, meningkatkan rasa sakit.

Sepertinya kalender menstruasi Anda adalah waktu yang paling menyakitkan bagi wanita, termasuk Anda. Setuju? Banyak yang memilih untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit untuk meredakan sakit perut. Tetapi menurut dokter, itu tidak baik untuk dilakukan, Anda tahu.

Rasa sakit yang terkait dengan menstruasi memiliki tingkat yang berbeda pada setiap wanita. Ada rasa sakit yang normal tetapi penyakit serupa juga bisa mencegah Anda bergerak. Jadi, jangan heran jika banyak yang memilih pereda nyeri sebagai jalan keluar.

Laporan Sun, Dr. Sahil Khanna, ahli gastroenterologi Mayo Clinic, mengatakan terlalu banyak menggunakan obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya, seperti bisul, asam lambung dan masalah pencernaan. "Meminum terlalu banyak pil ini dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal yang serius," kata Dr. Khanna kepada Mail Online.

Anda tidak boleh mengonsumsi obat penghilang rasa sakit pada perut kosong dan melampaui batas maksimum 250 mg setiap hari. Jika Anda minum obat penghilang rasa sakit secara teratur tetapi itu tidak membantu Anda dan tidak menghilangkan rasa sakit Anda, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Membantu meringankan rasa sakit dengan menempatkan kompres atau botol air panas di area panggul. Tingkatkan juga asupan vitamin B1 Anda, seperti daging sapi, kacang-kacangan, gandum, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

"Bagi banyak wanita, olahraga juga merupakan cara untuk mengurangi dosis obat penghilang rasa sakit, jika mereka masih meminumnya," kata Aparna Sridhar, seorang ginekolog di UCLA di Amerika Serikat. Olahraga dapat menjadi obat penghilang rasa sakit alami, karena aktivitas ini membantu meningkatkan aliran darah ke tubuh, sambil mempertahankan kebutuhan oksigen sel Anda selama menstruasi.

Berbagai obat alami untuk nyeri haid

Selama menstruasi, sakit perut dapat dihilangkan dengan berbagai obat alami pelancar haid untuk nyeri haid yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah, seperti:

Air panas

Memberikan kompres hangat ke perut yang sakit membantu mengendurkan otot, mencegah kram menstruasi dan meningkatkan aliran darah ke tubuh. Selain kompresi, Anda juga bisa memanfaatkan obat menstruasi alami ini dengan minum air hangat untuk mengurangi nyeri haid.

Pijat

Memberikan pijatan pada perut dan punggung bagian bawah dengan gerakan memutar yang lambat dapat membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Anda juga bisa berbaring telentang dengan mengangkat kaki atau berbaring miring dengan menekuk lutut sebagai pereda nyeri haid alami.

Makanan bergizi

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen atau makanan tinggi magnesium, vitamin B6, vitamin B1, asam lemak omega-3 dan vitamin E akan secara efektif mengurangi kram selama menstruasi. . Selain makan makanan bergizi, Anda juga dianjurkan untuk menghindari minuman beralkohol dan rokok karena ini hanya akan memperparah nyeri haid.

Olah raga

Nyeri haid bisa membuat Anda enggan bangun dari tempat tidur. Namun ternyata, bergerak dan berolahraga justru bisa membuat rasa sakitnya hilang. Selama berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang bertindak sebagai analgesik. Anda dapat berlatih olahraga ringan seperti berjalan, yoga, jogging, berenang atau bersepeda.

Teh Herbal

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh herbal seperti teh chamomile dan teh jahe dapat menjadi obat alami untuk nyeri haid, karena membantu merilekskan otot yang tegang dan mengurangi rasa sakit selama menstruasi.

Aromaterapi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan aromaterapi dengan minyak mawar, lavender, cengkeh dan kayu manis di daerah yang terkena dapat secara signifikan mengurangi kram menstruasi.
Selain cara alami, meringankan sakit perut saat menstruasi juga bisa dilakukan dengan meminum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol, ibuprofen dan asam mefenamat. Tentunya tidak melebihi dosis yang disarankan oleh dokter.

Baca : Obat cytotec asli penggugur janin

Anda dapat mencoba obat untuk nyeri haid alami untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi selama menstruasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika kram dan nyeri haid Anda sangat serius. Kadang-kadang, nyeri haid juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid atau adenomiosis.

Penyebab umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur adalah berbagai faktor, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Berat yang signifikan atau penurunan berat badan
  • Tekanan mental
  • Efek obat-obatan tertentu
  • Konsumsi kopi dan kebiasaan merokok
  • Latihan berlebihan
  • Gizi buruk
  • Ketidakseimbangan hormon


Meskipun Anda dapat mengatasi masalah siklus menstruasi yang tidak teratur dengan obat-obatan di pasaran, Anda juga dapat menggunakan kunyit dengan banyak manfaat sebagai alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Manfaat kunyit

Kunyit yang biasa digunakan untuk menyiapkan makanan kari menurut Medline Plus berguna untuk mengobati sakit perut dan dianggap sebagai pengobatan umum untuk kembung, gangguan pencernaan, diare, masalah kandung empedu dan luka bakar. lambung.

Zat aktif kurkumin dalam kunyit dapat merangsang produksi empedu di kantong empedu dan dengan demikian mengurangi gangguan lambung. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, karena sifat anti-inflamasinya, kunyit juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada orang dengan osteoartritis.

Menanggapi pertanyaan ini, Dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter setuju bahwa manfaat kunyit memang relevan untuk merawat kesehatan organ pencernaan, dari daya tahan hingga organ intim.

"Berbagai uji klinis telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit mag, seperti sakit perut, mual, muntah dan kembung." Ekstrak kunyit juga memiliki efek antioksidan choleretic yang meningkatkan aliran empedu dan bertindak sebagai antiinflamasi, antikanker dan antimikroba, "jelasnya.

Manfaat lain dari kunyit adalah untuk mengobati bisul dan mencegah perkembangan diabetes. Sebagai antioksidan kuat, kunyit dapat membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di tubuh Anda.

Kunyit dan siklus haid

Kandungan kurkumin kunyit sebenarnya dapat bertindak sebagai fitoestrogen, yaitu estrogen yang diperoleh dari sumber tanaman. Karena itu, curcumin dapat membantu mengatasi gangguan reproduksi pada wanita.

Berkenaan dengan siklus menstruasi, kunyit itu sendiri bersifat emmenagog, tanaman nabati yang merangsang sirkulasi darah di daerah panggul dan uterus. Manfaat lain dari kunyit adalah untuk merangsang rahim, yang menyebabkan kontraksi rahim. Karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kunyit.

Sifat antispasmodik kunyit juga membantu meringankan gejala Premenstrual Syndrome (PMS) seperti kram perut dan nyeri haid. Mukta Agrawal, ahli gizi India, menawarkan resep untuk mengurangi siklus menstruasi menggunakan kunyit sebagai basa.

Baca : Cara menggugurkan kandungan dengan cepat

Mukta umumnya menyarankan orang yang memiliki masalah siklus menstruasi untuk menambahkan ½ sendok teh kunyit ke dalam susu untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur. Butuh beberapa minggu untuk melihat perubahannya. Anda juga bisa mencampur kunyit dengan madu jika alergi terhadap susu.

Dengan demikian, kunyit mampu meningkatkan siklus menstruasi wanita dalam situasi yang tidak teratur. Sekarang Anda bisa makan kunyit untuk mengatasi masalah menstruasi Anda. Jika masalah siklus menstruasi Anda tidak membaik, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

0 komentar